Loka POM Di Kabupaten Belitung Talk Show di Belitung dan Belitung Timur

28-03-2024 Loka POM di Kabupaten Belitung Dilihat 34 kali

(25/03/24), pada hari Senin 25 Maret 2024, Loka POM di Kabupaten Belitung melakukan Talk Show dengan Tema “Menjadi Konsumen yang Cerdas” di Radio BFM 104.6 FM Kabupaten Belitung. Yang dilanjutkan dengan Talk Show dengan Tema “Cara Memilih Takjil yang Aman” di Radio Sisnet 90.50 FM Kabupaten Belitung Timur. Pada hari Selasa, 26 Maret 2024. Yang diisi dengan penyampaian oleh narasumber dari Loka POM di Kabupaten Belitung serta narasumber Bapak Hamzah Kepala Bidang Usaha Perdangangan Dinas Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan, dan Tenaga Kerja. Pada Radio BFM, dan narasumber Susliliyani, SKM Sanitarian Ahli Muda  Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Timur pada Radio Sisnet

Dalam paparannya pada radio BFM, Bapak Hamzah menyampaikan “Kita sangat mengharapkan partisipasi aktif masyarakat agar bersama-sama untuk dapat memberikan informasi jika terdapat distribusi maupun bahan pokok yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku”.

Serta dalam paparan di Radio Sisnet Susliliyani, SKM  menyampaikan “Bagi Pelaku usaha dalam melakukan pengolahan pangan menjadi makanan jajan dan siap saji perlu memperhatikan prinsip-prinsip higiene sanitasi makanan dari  mulai memilih bahan baku, mengolah, manyajikan sampai membungkus. dan Bagi konsumen, jadilah konsumen  yang  cerdas dalam membeli pangan siap saji beli lah makanan yang sudah terdaftar di BPOM, dan di periksa tanggal kedaluwarsa”.

Talkshow ini diselenggarakan secara luring dengan tujuan agar masyarakat Belitung dan Belitung Timur dapat menjadi konsumen yang cerdas dan dapat memilih jajanan siap saji maupun terkemas sehingga aman untuk konsumsi. Untuk pelaku usaha sendiri dapat menerapkan sanitasi dan higiene maupun cara pendistribusiannya dengan baik sehingga produk-produk yang di jual aman untuk dikonsumsi.

Loka POM di Kabupaten Belitung berpesan kepada masyarakat dalam membeli Obat dan Makanan untuk Cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kedaluwarsa).

Pada kegiatan yang sama di sampaikan terkait Layanan Loka POM di Kabupaten terkait jam layanan Loka POM di Kabupaten Belitung dengan Jam layanan sebagai berikut :

Senin- Kamis (08.00-15.00 WIB), Jum’at (08.00-15.30 WIB) Bulan Ramadhan

Senin- Kamis (08.00-16.30 WIB), Jum’at (08.00-16.00 WIB).

Disini dijelaskan tanpa jam istirahat dan gratis serta di informasikan terkait jam layanan di luar jam kerja dengan memberikan nomor ULPK Loka POM di Kabupaten Belitung. Dan di infomasikan juga terkait Inovasi Si Lagak (Siap Tolak Gratifikasi) di Loka POM di Kabupaen Belitung

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan peningkatan pemahaman masyarakat khususnya di Pulau Belitung, lebih cerdas dalam memilih produk, baik makanan, minuman, obat,  obat tradisional, suplemen kesehatan, dan kosmetika dengan  terutama jajanan puasa dengan menerapkan  CEK KLIK, sehingga aman untuk di Konsumsi.

 

.....Bukan kata orang, pastikan...

KataBPOM

Sarana