Loka POM di Kab. Belitung Hadiri Pemusnahan Barang Bukti Obat hingga Senjata Api Oleh Kejaksaan Negeri Belitung

29-05-2024 Loka POM di Kabupaten Belitung Dilihat 48 kali

Belitung - Rabu (29/05/24), Loka POM di Kabupaten Belitung menghadiri Pemusnahan Barang Bukti yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Belitung, pemusnahan dilakukan terhadap barang bukti dari perkara yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht) dengan jumlah 36 Perkara Periode Bulan Desember 2023 - Mei 2024. Pemusnahan Barang bukti dari perkara yang telah diputus oleh pengadilan, dan telah memiliki kekuatan Hukum tetap dilakukan dengan cara diblender, dibakar, dan dipotong menggunakan gerinda.

Barang bukti yang dimusnahkan tersebut berasal dari tindak pidana seperti narkotika, kesehatan berupa Obat-obat Ilegal, minuman keras, pencurian, penganiayaan, senjata tajam, senjata api, penggelapan serta perjudian.

Dalam sambutannya, Kepala Kejaksaan Negeri Belitung, Ibu Lila Nasution menyatakan “barang bukti yang paling banyak adalah tindak pidana narkotika, seperti sabu-sabu sebanyak 9 Perkara dengan total barang bukti sabu yang dimusnahkan sebanyak 422,765 gram, dan tindak pidana kesehatan berupa Obat Tramadol dengan jumlah 2.070 Tablet dan obat merk Trihexypenidhyl sebanyak 1.460 tablet, ditambah tindak pidana umum biasa sebanyak 13 perkara yang terdiri dari tindak pidana penganiayaan, penggelapan, pencurian, pengrusakan dan lain sebagainya”

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu PJ. Bupati Belitung, Kapolres Belitung, Dandim 0414 Belitung, Danlanud H. AS Hanandjoeddin Tanjungpandan, dan unsur Forkopimda lainnya. “Pemusnahan Barang Bukti yang dilaksanakan merupakan bentuk komitmen dari Aparat Penegak Hukum untuk selalu menegakkan Keadilan dan memberikan kepastian Hukum kepada masyarakat Belitung” ujar Pj. Bupati Belitung Bapak Yuspian dalam sambutannya.

Sarana