Intensifikasi Pengawasan Kosmetik, Loka POM di Kabupaten Belitung temukan produk kosmetik yang belum memiliki izin edar

26-02-2024 Loka POM di Kabupaten Belitung Dilihat 63 kali

Belitung. Loka POM di Kabupaten Belitung temukan produk kosmetik yang belum memiliki izin edar di sejumlah sarana kosmetik yang ada di Belitung pada Kegiatan Intensifikasi Pengawasan Kosmetik (19-22/02/24). Temuan produk tersebut kemudian dilakukan pendataan untuk selanjutnya dimusnahkan secara sukarela oleh pemilik sarana/penanggungjawab.

 

Kegiatan Intensifikasi Pengawasan Kosmetik dilaksanakan pada hari Senin - Kamis, tanggal 19-22 Februari 2024 di 10 fasilitas klinik kecantikan dan distribusi kosmetik. Dari hasil pengawasan ditemukan 8 item produk kosmetik illegal atau tanpa izin edar sejumlah 98 pieces. Selain itu juga ditemukan 2 item produk krim racikan sejumlah 10 pieces, dimana seharusnya krim racikan merupakan obat racikan yang hanya boleh diresepkan oleh dokter dan kemudian harus diracik oleh tenaga farmasi, namun masih ditemukan klinik kecantikan yang meracik dalam jumlah banyak dan tidak sesuai resep dokter. Dari hasil pengawasan juga ditemukan 6 item produk kosmetik sejumlah 19 pieces yang tidak memenuhi ketentuan label.

 

Menindaklanjuti hasil pengawasan tersebut, pemilik/penanggungjawab sarana telah melakukan pemusnahan terhadap temuan produk dan diberikan sanksi administrasi berupa peringatan. Petugas Loka POM di Kabupaten Belitung juga memberikan edukasi dan pembinaan kepada pemilik sarana agar memastikan produk yang digunakan untuk treatment ataupun kosmetik yang dijual telah memenuhi aspek legalitas dan keamanan produk, sehingga tidak lagi menggunakan/menjual produk kosmetik yang belum memiliki izin edar. Selain itu kepada pelaku usaha kosmetik diharapkan untuk memperhatikan legalitas dan jika berkeinginan untuk memiliki merk secara mandiri agar dapat melalui kontrak produksi dengan sarana produksi kosmetik yang telah memiliki sertifikat penerapan Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik.

 

Loka POM di Kabupaten Belitung mengimbau masyarakat untuk selalu Cek KLIK, yaitu Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa sebelum membeli kosmetik. Untuk memastikan produk kosmetik telah memiliki izin edar, masyarakat dapat mengunduh aplikasi BPOM Mobile dan melakukan scan 2D barcode yang tertera pada kemasan melalui menu scan produk, ataupun dengan memasukkan nomor izin edar yang tertera melalui menu “Cek NIE” pada aplikasi tersebut. 

"....Untuk informasi terpercaya seputar Obat dan makanan, bukan kata orang, pastikan #KataBPOM..." 

Sarana